Tuesday, July 8, 2014

Moon Cup: Lebih Sehat, Lebih Hemat, Lebih Ramah Lingkungan

Alhamdulillah saya sudah sejak Juni 2011 menggunakan Moon Cup dan jadi salah 1 dari sekian banyak wanita di dunia yg sangat puas dengan Moon Cup.




Mooncup - yang dikenal di Amerika Serikat sebagai MCUK - adalah cangkir yang terbuat dari silikon asli untuk menampung darah menstruasi, dirancang oleh perempuan untuk menjadi alternative yang nyaman, aman dan ramah lingkungan selain tampon dan pembalut sekali pakai. Mooncup yang dicintai banyak perempuan di seluruh dunia, dan dibuat di Inggris oleh bisnis peraih berbagai penghargaan dan menjalani etika bisnis, amenawarkan Anda untuk mengakhiri ketidaknyamanan, limbah dan perlindungan kesehatan dari pembalut sekali pakai.

Aman
Terbuat dari silikon lunak yang biasa digunakan untuk keperluan medis, Mooncup bebas lateks dan tidak mengandung pewarna, bebas dari BPA, racun atau pemutih. Ini juga bagus untuk wanita dengan kulit sensitif. Sudah meraih ISO 13485:2003.

Tampon bisa menyebabkan kekeringan dan meninggalkan serat di kulit. Mooncup ini dirancang untuk menghormati keseimbangan alami Anda.

Lebih ramah lingkungan

Rata-rata, seorang wanita akan menggunakan lebih dari 11.000 tampon atau pembalut dalam hidup mereka, yang akan berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), atau di laut.

Hemat

Seorang wanita menggunakan sampai dengan 22 pembalut sekali pakai setiap periode menstruasi. Terlepas dari seberapa banyak aliran menstruasi Anda, Anda hanya perlu satu Mooncup, dan itu berlangsung selama bertahun-tahun, sehingga produk ini menjadi yang paling ekonomis yang bisa Anda beli.

Diterjemahkan dari www.mooncup.co.uk

Mari simulasi harga:
1 moon cup seharga Rp 630.000,00 untuk bertahun-tahun, kurang lebih 10 tahun.
Dibanding:
1 periode menstruasi seorang perempuan memerlukan 30 pembalut sekali pakai seharga Rp 500,00 jadi tiap bulan menghabiskan Rp 15.000,00. 1 tahun menghabiskan Rp 180.000,00. 10 tahun menghabiskan Rp 1.800.000,00.
Ini dengan asumsi pembalut yg dipakai adalah merek yg banyak dijual di warung/toko lho. Bukan merek-merek yg mengklaim sehat dan aman dari zat kimia berbahaya.

Mari simulasi sampah:
1 moon cup selama 10 tahun = tidak meninggalkan sampah sedikit pun. Anda hanya perlu air bersih sekitar 1-2 gayung untuk membilas.
Dibanding:
30 x 12 x 10 = 3.600 sampah pembalut untuk 1 wanita saja. Apakah mudah terurai dalam 10 tahun? Saya tidak yakin. Coba cek di kemasan pembalut sekali pakai yang ada di rumah Anda. Itu baru dari 1 wanita saja. Tinggal dikalikan jumlah wanita usia subur di seluruh dunia. Segitu lah jumlah tumpukan sampah tampon/pembalut sekali pakai. Ada berapa banyak mikroba bisa berkembang biak di dalamnya dan menyebar lewat air, tanah dan udara? Iiiihh.. males bayanginnya :D
Padahal, jumlah penduduk wanita usia subur menurut sumber yang ini saja di Indonesia ada 66.326.200 wanita. kalau tiap wanita menggunakan 30 pembalut per bulan, ada 1.989.786.000 tumpukan sampah pembalut per bulan di Indonesia. Sebagian di tanah, sebagian di sungai.

Moon Cup tersedia dalam 2 ukuran:
Cup A: diameter 46 mm, panjang 50 mm untuk yg sudah pernah melahirkan secara normal (vaginal birth) berapa pun usianya dan atau berusia lebih dari 30 tahun
Cup B: diameter 43 mm, panjang 50 mm untuk yang belum pernah melahirkan secara normal dan atau berusia di bawah 30 tahun.
Selisih ukuran cup sangat sedikit, tapi sangat penting.

Cara penggunaan Moon Cup bisa dilihat di sini.

 Harga: Rp 630.000,00. Gratis ongkos kirim berasuransi ke seluruh Indonesia

Untuk pemesanan, silakan kirim sms berisi alamat lengkap, nomer HP dan pembayaran melalui BCA atau Mandiri, ke Adhya Utami 085292229692 atau email ke adhyauls@gmail.com

13 comments:

  1. Replies
    1. silakan email alamat lengkapnya ke: adhya.larasati@yahoo.com ya :)

      Delete
    2. bisa diberi info cr penggunaannya? apa sprt tampon?

      Delete
    3. Mirip tampon tapi bentuknya cup dari silikon, sifatnya menampung bukan menyerap seperti tampon. Sehingga kelembaban alami vagina tetap terjaga. Cara pakainya bisa dicek di http://greenfemale-indonesia.blogspot.com/2012/11/cara-penggunaan-moon-cup.html

      Delete
  2. Umur 31tahun, tp melahirkan 2x sesar pakai ukuran apa ya Bunda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usia 30 taun ke atas otomatis pakai cup A mba.mau kah? Utk order bsa via email ke adhyauls@gmail.com atau sms ke 085292229692 ya

      Delete
  3. Umur 31tahun, tp melahirkan 2x sesar pakai ukuran apa ya Bunda?

    ReplyDelete
  4. Ini bisa dipake buat yg belum menikah?

    ReplyDelete
  5. Ini bisa dipake buat yg belum menikah?

    ReplyDelete
  6. Mba....mooncup aman tdk buat yg menggunakan KB IUD ???

    ReplyDelete
  7. Maaf mau nanya terkait bahan silikon itu apakah terbuat dari bahan bahan yg halal,sekali lagi maaf

    ReplyDelete