Tuesday, November 27, 2012

"Mooncup, sahabat masa menstruasiku."

 Berikut ini cerita dari mbak Vivin Windari, salah satu teman saya yang juga sudah menggunakan moon cup yang dibeli dari Green Female Indonesia

"

Mooncup, sahabat masa menstruasiku.

Sudah mencoba beberapa merek pembalut, tetap saja masalah iritasi saat menstruasi tidak teratasi. Dari merek biasa sampai yang herbal, tetap saja hasilnya sama. Lalu aku berkenalan dengan washable menspad, akhirnya aku bisa bernafas lega. Bahannya yang lembut dan dari kain, membuat masa menstruasi berlalu lebih nyaman. Menspadku pertama kali berguna saat masa nifas setelah melahirkan Faza dan kemudian sempat nganggur delapan bulan.

Kelebihan menspad, lebih nyaman dipakai karena lembut di kulit, dan ramah lingkungan. Kelemahan dari menspad menurutku, lebih ribed saat membersihkannya, repot saat kita seharian beraktifitas di luar rumah, butuh lebih banyak saat musim hujan karena memerlukan waktu lebih lama untuk kering dan mengkhawatirkan saat kehujanan :D Tapi aku lebih memilihnya jika dibandingkan dengan pembalut sekali pakai.

Kemudian aku berkenalan dengan Mooncup, si cawan menstruasi. Pertama mendengar namanya, aku merasa “seram”. Cawan menstruasi? WOW. Lalu kemudian seorang teman di fb mengenalkan lebih jauh. Dan akupun mencari tahu lebih banyak lagi. Masih dengan kata “seram” menempel di pikiranku, aku mencoba memesannya sambil berpikir, “Berani pake ga yaaaa?” :D

Dan datanglah si Mooncup ini di bulan Juni. Saat pertama kali melihat penampakan Mooncup secara langsung, memang ada kengerian tersendiri. Perlu meyakinkan diri, perlu rileks dan percaya, dan saya berhasil menikmatinya. Pertama memakainya, karena belum terbiasa, aku merasa ada yang aneh :D Butuh lima hari untuk membiasakan diri. Saat dua hari terakhir masa menstruasi, aku mulai tidak merasa aneh lagi. Dan bulan-bulan selanjutnya, menggunakan mooncup terasa “ga pake” sama sekali. Nyaman, serasa tidak sedang menstruasi, mudah membersihkannya, dan tidak meninggalkan residu sama sekali. Walaupun mungkin bagi yang takut melihat darah, Mooncup bukan pilihan tepat :D

Menurutku, Mooncup pilihan tepat karena:
  • Aman dipakai, karena terbuat dari bahan silicon yang bebas BPA dan tidak menimbulkan efek samping, 
  • Hemat. Walau infestasi awalnya agak mahal (360 ribuan) tetapi cukup punya satu dan dengan perawatan tepat bisa dipakai sampai 10 tahun (menurut websitenya), 
  • Ramah lingkungan (tidak meninggalkan residu), 
  •  Tidak khawatir tembus, biarpun saat kita kehujanan J, asal tidak lupa mengosongkannya dalam jangka waktu 4-8 jam, tergantung volume menstruasi kita, 
  • Berasa tidak sedang menstruasi saking nyamannya, bahkan untuk aktifitas seperti bersepeda, lari, jalan jauh, tidak terasa, 
  • Sejak memakai Mooncup, saya tidak mengalami dismenorhea lagi, entah karena ber-raw juice atau karena pemakaian Mooncup ini,P
  • Praktis, apalagi saat bepergian. Kita tidak perlu membawa persediaan menspad.  
Buatku, Mooncup adalah salah satu barang yang aku beli dengan harga mahal tapi tidak menimbulkan penyesalan :D "
Penampakan Mooncup-ku.
sumber: http://vivinwindari.blogspot.com/2012/11/mooncup-sahabat-masa-menstruasiku.html


No comments:

Post a Comment