Wednesday, January 9, 2013

Pendapat Dokter mengenai Cangkir Menstruasi

Di situs www.mayoclinic.com ada yang bertanya: Apakah menstrual cup (cangkir menstruasi) itu?
Berikut ini adalah jawaban dari dr. Mary Gallenberg*:
Cangkir menstruasi adalah perangkat berbentuk lonceng yang dipakai di dalam vagina selama menstruasi untuk mengumpulkan cairan menstruasi. Cangkir menstruasi menjadi alternatif untuk pembalut dan tampon.

Cangkir menstruasi biasanya terbuat dari silikon atau bahan nonlatex lainnya. Beberapa cangkir menstruasi dapat digunakan kembali ada merek yang satu cangkir untuk satu periode menstruasi keseluruhan dan ada merek yang satu cangkir untuk berkali-kali periode menstruasi - sementara merek lain dimaksudkan untuk satu kali penggunaan. Contohnya termasuk The DivaCup dan Moon Cup.

Selama periode menstruasi Anda, Anda memasukkan cangkir menstruasi ke dalam vagina Anda. Jika Anda menggunakan cangkir menstruasi yang dapat digunakan kembali, Anda perlu mengosongkan cangkir ketika penuh, mencuci dan kemudian menempatkannya kembali dalam vagina Anda. Jika Anda menggunakan cangkir menstruasi sekali pakai, Anda membuangnya ketika itu penuh dan menggantinya dengan cangkir baru lagi. Seberapa sering Anda perlu untuk mengosongkan atau mengganti cangkir menstruasi tergantung pada ukuran cangkir dan aliran menstruasi Anda. Umumnya, cangkir menstruasi dapat menampung dua kali lebih banyak dibanding tampon - delapan sampai 12 jam pada suatu waktu.

Cangkir menstruasi dapat tetap berada di dalam vagina saat Anda buang air kecil atau buang air besar. Beberapa merek cangkir menstruasi dapat dipakai saat berhubungan seks, sementara merek lainnya harus dihapus terlebih dahulu.

Cangkir menstruasi tidak menawarkan perlindungan dari kehamilan atau infeksi menular seksual. Periksa ke dokter Anda sebelum menggunakan cangkir menstruasi jika Anda menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) untuk pengendalian kelahiran atau Anda pernah mengalami sindrom toxic shock.

Cangkir Menstruasi tersedia di apotek. Cangkir menstruasi juga dapat dibeli secara online. Jika Anda memutuskan untuk mencoba cangkir menstruasi, baca dan ikuti petunjuk produk dengan hati-hati.


*dr. Mary Gallenberg is board certified by the American Board of Obstetrics and Gynecology and by the American Board of Internal Medicine in internal medicine and medical oncology.
An Antigo, Wis., native, Dr. Gallenberg is a consultant in the Department of Obstetrics & Gynecology at Mayo Clinic, Rochester, Minn., and an assistant professor at College of Medicine, Mayo Clinic.
Dr. Gallenberg has been with Mayo Clinic since 1990. She was on the Mayo Clinic Women's HealthSource editorial board and has been honored for excellence in teaching. She also won a Mayo Clinic Excellence Through Teamwork award. 





No comments:

Post a Comment